Jumat, 22 Februari 2013

Semakin tahu Rangka Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja Ringan

Semakin tahu Rangka Atap Baja Ringan saat ini bukan lagi barang baru, awalnya dianggap sebagai  suatu
inovasi baru untuk pengganti atap kayu, yang peranannya begitu besar dan luar biasa. Dengan
kelangkaan kayu serta menurunnya kualitas kayu diikuti harga kayu yang semakin melambung
tinggi, maka rangka atap dari Baja Ringan menjadi pilihan cerdas, efektif dan efisien.
Kelebihan ataupun keunggulan yang dimiliki Rangka Atap Baja Ringan semakin jauh
meninggalkan peranan atap kayu. Namun itupun harus memenuhi beberapa  persyaratan,yang
harus diperhatikan  yakni :

  • Dalam menggunakan rangka atap Baja Ringan harus mempunyai perhitungan konstruksi yang tepat dan akurat,
  • Material rangka atap Baja Ringan telah memenuhi standar SNI yakni mempunyai kuat nilai besar tarik 550Mpa,
  • Tenaga pasang  atau aplikator rangka atap Baja Ringan adalah sumber daya yang harus benar-benar mengerti akan perhitungan konstruksi juga bisa membaca gambar dari konstruksi 

Keunggulan Rangka Atap Baja Ringan.


Rangka atap Baja Ringan mmpunyai sifat ringan dan tipis, bermutu tinggi dan mudah dalam pemasangan / perakitannya. Sehingga pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan Baja konvensional.
Pada umumnya Baja Ringan yang beredar di pasaran  saat ini, material  Baja Ringan berbahan Galvalume lapis logam coating AZ 100  yang terdiri dari 55% Allumunium dan 45% seng, dengan sertifikasi SNI ( Standar Nasional Indonesia ) yakni harus memiliki kekuatan tarik 550 Mpa, sehingga cocok untuk aplikasi bangunan dan manufaktur.

Standar ketebalan profil Baja Ringan untuk kuda-kuda yakni C75 tebal 0.75mm - 1.00mm, dan untuk reng yakni tebal 0.4mm - 0.5mm.
Untuk kuda-kuda, atap Baja Ringan yang perlu diperhatikan adalah berat beban yang dipikul, bentangan, juga derajat kemiringan atap.
Standarisasi jarak kuda-kuda Baja Ringan untuk beban 75 Kg/m2 yakni 1.20 m ( genteng keramik / beton ), untuk beban genteng metal jarak kuda-kuda maksimal 1,30 m.

Berikut akan di paparkan lagi mengenai kelebihan dari atap Baja Ringan.
Kelebihan kuda-kuda Baja Ringan dibandingkan  kayu ; Baja Ringan konsistensi mutu material, Baja Ringan anti rayap, Baja Ringan tahan api juga tahan segala cuaca, pemasangan Baja Ringan mudah dan cepat, sisa material Baja Ringan lebih sedikit, konstruksi Baja Ringan diperhitungkan, Baja Ringan ramah lingkungan serta bebas pemeliharaan.


Kelemahan kuda-kuda Baja Ringan ; Baja Ringan Tidak indah dipandang bila diekspos karena bentuknya yang seperti jaring, bila ada bagian yang salah perhitungan Baja Ringan maka akan menyeret bagian yang lainnya dan material Baja Ringan bersifat tidak fleksibel ( tidak dapat dipotong berbagai profil ) seperti kayu.

Fungsi Baja Ringan :

Baja Ringan pada awalnya berfungsi sebagai kuda-kuda pengganti atap kayu, Namun kini perubahan perlahan berkembang fungsi menjadi beberapa macam, diantaranya ;

  1. Rangka Atap Baja Ringan, sebagai fungsi utama yang kini hampir menggantikan fungsi atap kayu.
  2. Rangka Pergola / Kanopi, karena Baja Ringan menghemat dari biaya pengecatan.
  3. Rangka Partisi Dinding, Baja Ringan menggantikan besi hollow yang mudah karat dan kayu yang mudah kropos.
  4. Struktur Bangunan, kini telah banyak rumah-rumah menggunakan Baja Ringan sebagai struktur permanen, sebagai rumah anti gempa. Proyek rumah yang menggunakan Baja Ringan sebagai struktur bangunan salah satunya di Aceh, diperuntukan bagi korban tsunami dengan pertimbangan lebih cepat selesai.

Elemen Baja Ringan 


Beberapa elemen  Rangka atap Baja Ringan yang perlu untuk diketahui , rangka atap Baja Ringan memiliki beberapa elemen, yakni:

  1. Elemen Rangka atap Baja Ringan yang  inti yaitu dimana elemen ini merupakan bagian utama yang memiliki peranan sangat penting dan tidak dapat dipisahkan, yang menentukan kekuatan kuda-kuda. Elemen ini adalah Chanel, Reng, baut (screw) , Dinabolt juga Talang jurai.
  2. Satu elemen lagi adalah Elemen tambahan, merupakan tambahan dari suatu instalasi Rangka Atap Baja Ringan, bersifat sesuai permintaan. Elemen ini adalah Allumunium Foil. 

Dibawah ini, kami akan berbagi informasi kepada anda tentang elemen-elemen Baja Ringan diatas :


  • Chanel
Kami menggunakan canal berbahan Galvalume SNI yang telah dicoating AZ 100 yang terdiri dari 55% allumunium dan 45% seng, sehingga lapisan terlindung dengan prima. Berfungsi sebagai Rangka kuda-kuda ( Truss ).

  • Reng

Kami menggunakan canal berbahan Galvalume G 550 Mpa yang telah dicoating AZ 100 yang terdiri dari 55% allumunium dan 45% seng, sehingga lapisan terlindung dengan prima.
Berfungsi sebagai Reng ( Roof Batten ).
Panjang Chanel standar 6 mtr, Reng 6mtr.
Panjang Chanel diatas 7 - 12 mtr ( order khusus ).


  •  Baut / Self Drilling Screw

Baut untuk Kuda-kuda dengan ukuran 12x14x20 dan Baut untuk reng dengan ukuran 10x16x16.
Baut sudah dicoating galvanis sebagai lapisan tahan karatnya. Elemen ini berfungsi sebagai pengikat antara kuda-kuda ( truss ) dan reng.


  •  Dinabolt 

Dinabolt untuk Rangka atap Baja Ringan standar memakai ukuran 10x80. Berfungsi sebagai Pengikat tumpuan kuda-kuda ( truss ) dengan cor ring balok beton / ke dinding kolom dengan cara ditanam. Jadi, harus dipastikan ring balok beton /pun dinding harus kuat, karena mempengaruhi kekuatan kuda-kuda (truss).


  • Talang / gutter.

Talang ini dipakai apabila desain Rangka Atap Baja Ringan antara kuda-kuda bertemu sudut dengan kuda-kuda lain, sehingga ada pertemuan titik jatuhnya air.
Standar tebal dari talang jurai ini adalah 0.3mm dengan panjang 2,5m sampai dengan 4m /lembarnya.


  •  Allumunium Foil


Alumunium Foil pada intinya adalah sebagai elemen tambahan yang digunakan  sebagai penahan panas, namun juga bisa untuk meminimalisirkan rumah kita dari kebocoran. Ukuran alumunium Foil biasanya berukuran 1.2m x 50m / rollnya.
Allumunium Foil ada 2 macam, yaitu Single side ( satu sisi ) dan Double side ( dua sisi ).

Perhitungan dasar volume atap baja ringan

Dalam pemasangan Rangka Atap Baja Ringan, ada banyak  dari konsumen yang belum mengetahui dalam penghitungan jumlah volume atap.Dengan mengerti perhitungan dasar jumlah volume atap diharapkan calon konsumen dapat mengetahui kisaran dasar rencana anggaran belanja pemasangan rangka atap Baja Ringan.   Dalam hal ini kami ingin berbagi informasi kepada konsumen yang akan memasang Rangka Atap Baja Ringan, agar paling tidak menghindari dari kecurangan dari pihak aplikator.

Volume Rangka Atap :
( Panjang bangunan + overstek genteng ) x ( Lebar bangunan + overstek genteng )
Derajat kemiringan atap genteng ( cos derajat yang digunakan )

misal :
Panjang bangunan = 9 mtr, Lebar bangunan = 9 mtr.
Overstek 4 sisi = 1 m,
maka,
Panjang bangunan = ( 9 + 1 + 1 ) = 11 mtr
Lebar bangunan = ( 9 + 1 + 1 ) = 11 mtr
Derajat kemiringan atap genteng ditentukan adalah 35o  ( cos 35 = 0.819 )
VolumeRangka atap :
11 x 11
0.819
=  147,7 m2

Untuk bangunan model atap pelana, volume ini juga biasanya digunakan sebagai patokan untuk pembelanjaan banyaknya jumlah genteng yang harus dipesan oleh konsumen kepada toko genteng.
Tapi tidak untuk model atap limas atau terdapat talang jurai, dikarenakan banyaknya potongan-potongan genteng. Lebih baik jika jumlah genteng dilebihkan beberapa meter dari hitungan volume.

Salah satu contoh inovasi dalam dunia bahan bangunan atau kontruksi sipil selain rangka atap baja ringan yaitu Bata Ringan, Panel Lantai Beton Ringan, Panel Pagar Beton.

Informasi dan pemesanan Rangka Atap Baja Ringan :

PT. Tiga Mitra Surabaya
Jl. Raya Klakahrejo, ruko TCBD-TR. 1/11 Kandangan - Benowo - Surabaya 60198
Telpon : (031) 51160405
Mobile : 085100398222, 081231313222, 087572574222, 085733098111, 085331398222
WA : 087853640111, 081231313222
BBM : D233A55B
Siap melayani wilayah Jember, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi
Jl. MT. Haryono no. 68
Telp. (0331) 323400
mobile : 082234615557, 087852574333
BBM : 2ACAA812
WA : 081348956135

1 komentar:

  1. Artikel yg bermanfaat gan. Untuk para pembaca area Semarang dan skitarnya jangan lupa kunjungi kami Jasa Kontruksi Atap Baja Ringan di Semarang untuk mendapatkan penawaran harga yg terbaik dari kami

    BalasHapus